Bakwan. Orang indonesia mana yang tidak mengenal penganan satu ini. Mulai dari sebut namanya saja orang sudah membayangkan sebuah makanan berkuah, dengan isi bakso, tahu, gorengan, dan pangsit basah tanpa mie. Ya bakwan memang dikenal karena tidak menyediakan mie. Entah darimana awal sejarahnya, tapi dari yang saya tahu ini yang membedakan bakwan dengan bakso. Perbedaan lain dari bakso dan bakwan adalah kuah bakwan yang lebih kering dan tidak terlalu berlemak seperti halnya bakso.

Bakwan pabean adalah satu diantara beberapa jenis kuliner berupa bakwan. Sejauh yang saya kenal, bakwan yang terbagi dua saja : bakwan malang dan bakwan pabean. Pabean sendiri sebenarnya adalah sebuah nama daerah di Gresik. Cukup sulit mencari tahu sejarah bakwan pabean ini. Namun ciri khas dari bakwan pabean adalah isian yang banyak hingga orang sering menyebut isiannya dengan bakso tahu, bakso pangsit dll karena memang isinya yang banyak hingga meluap keluar dari ukuran penyangganya. untuk anda yang belum pernah mencicipi kuliner satu ini, pasti akan kaget dengan ukurannya yang memang terkenal besar-besar.

Bahan isian dari bakwan pabean pun beragam. Ada yang menjual dengan bahan ikan tengiri, ada yang dengan ayam, ada juga yang dengan babi. Dan rata-rata yang saya tahu mereka tidak menjual tiga jenis isian bakwan pabean secara bersamaan. Jadi buat anda yang penasaran apakah isian bakwan pabean yang dibeli ini berbahan ayam, ikan, atau bahkan babi bisa bertanya langsung ke penjualnya.

Salah satu kuliner bakwan pabean yang terkenal di Surabaya adalah bakwan pabean Pak Di. Bakwan pabean ini adalah salah satu langganan berat saya dari jaman saya masih kecil. Bahkan saya tahu bakwan pabean Pak Di ini dibangun sejak 1999. Ya, berarti sekarang sudah 12 tahun berjualan bakwan dengan isian ikan tengiri ini. Dan citarasanya masih tetap sama dari pertama saya kenal dengan bakwan pabean ini. Saya sendiri mengenal bakwan ini mulai dari harganya masih Rp 1250 sampai sekarang Rp 4500. Dan menurut pak Di sendiri, pelanggan setianya memang tidak pernah lupa dan selalu balik lagi ke sini tiap pengen bakwan pabean. Apa sih istimewanya bakwan pabean Pak Di ini?

Sebenarnya tidak ada yang istimewa dari bakwan pabean Pak Di dengan bakwan pabean pada umumnya. Namun yang membedakan adalah racikan yang sederhana dan pas, tidak dilebih-lebihkan dengan harga dan kuantitas dari bakwan pabean yang membuat bakwan ini tetap berdiri di pinggir jalan tidar hingga 12 tahun berjalan. Berbeda dengan bakwan pabean yang lainnya, bakwan pabean disini lebih original dan lebih terasa ikannya. Kalau anda pernah menikmati bakwan pabean di salah satu tempat di jalan kedungdoro, memang dia memiliki campuran bumbu yang maknyuss untuk campuran dengan ikan dalam bakwan pabeannya. Tapi lama-lama juga bosan. Belum lagi ukurannya yang dikurangi. Sementara di bakwan pabean Pak Di ini baik ukuran, rasa, dan keramahan orangnya masih tetap sama. Hanya harga yang naik menyesuaikan harga bahan.

Gak Cuma Makan ga lengkap kalau ga bahas bahan rahasia. Bakwan pabean Pak Di  ini seperti yang sudah saya jelaskan di awal bahannya ga terlalu sulit dan ga terlalu dibikin ribet. Sederhana namun tetap mengena. Bahannya ada : ikan tengiri, tepung, putih telur, daun bawang merica, garam, dan sedikit gula.Untuk kuahnya ini yang saya tangkap cukup unik. Jadi pak Di merebus ikan tengiri dengan tambahan merica, garam, dan daun bawang. Merebus ikan tengiri sendiri memang diperlukan agar mudah hancur untuk dijadikan isian pada tahu atau siomay dan kekian. Nah selama merebus itu ditambahkan garam, merica, dan daun bawang agar meresap dan membuat lebih nikmat. Jadilah bakwan pabean yang siap nikmat dengan kuah kaldu yang ringan namun terasa ikannya.

                Kelebihan dari bakwan pabean Pak Di ini seperti yang sudah saya tulis di judul antara lain kualitas dan kuantitas yang memang mantap dan melebihi harga dari bakwan pabeannya. Kualitas terlihat dari kekenyalan bakwannya. Kekenyalan didapat dari tepung dipadu dengan ikan tengiri yang gurih dan mantap. Dan kuantitasnya jangan diragukan. Banyak dan mengenyangkan. Pas untuk yang ga mau makan berat tapi tahu-tahu bisa kenyang.. hehehehe..

Ada kelebihan, ada kekurangan. Kekurangan dari bakwan Pak Di ini adalah kurang ada variasi. Memang kalau anda lagi beruntung anda akan bisa mendapatkan telor ikan tengiri yang digoreng dengan telur. Itu nikmat luar biasa!! Recomended. Tapi memang limited.. Kadang sehari ada, kadang juga ga ada. Harusnya pak Di harus membuat variasi lagi biar lebih nikmat lagi.

Point : 7,5/10

Salam

Gak Cuma Makan